Grammatical Error in Writing Recount Text: A Survey Study at 2nd Grade Students of SMP Negeri 4 Mataram

ISLAM, MAULANA ROSIHAN (2015) Grammatical Error in Writing Recount Text: A Survey Study at 2nd Grade Students of SMP Negeri 4 Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Article Maulana Rosihan Islam (E1D109093).pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Survey ini bertujuan untuk menemukan atau mengetahui jenis kesalahan gramatikal siswa dalam menulis teks recount, jenis kesalahan yang paling dominan, dan faktor apa saja yang yang menyebabkan kesalahan dalam menulis teks recount. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SMP Negeri 4 Mataram. Dalam studi ini, dari 323 jumlah populasi, 81 orang di antaranya ditetapkan sebagai sampel. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan tes objektif yaitu siswa membuat teks recount secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Setelah mengumpulkan, menghitung, dan menganalisa data, telah teridentifikasi bahwa 31 dari 81 siswa atau 38.27% siswa melakukan kesalahan omission, 34 dari 81 siswa atau 41.97% melakukan kesalahan addition, 73 dari 81 siswa atau 90.12% melakukan kesalahan misformation, dan yang terakhir adalah keslahan misordering yang dilakukan oleh siswa sebanyak 42 dari 81 siswa atau 51.85%. berdasarkan hasil penelitian, kesalahan yang paling dominan terjadi pada siswa dalam menulis teks recount adalah kesalahan misformation dengan 90.12% atau 73 dari 81 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan pula bahwa faktor yang berkontribusi dalam terjadinya kesalahan terhadap siswa kelas 2 SMP Negeri 4 Mataram dalam menulis teks recount adalah interferensi bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesalahan gramatikal, menulis, teks recount text
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 09 Jan 2019 00:24
Last Modified: 09 Jan 2019 00:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item