THE EFFECTIVENESS OF ONE WORD-TWO WORD-THREE WORD GAME TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE VIII GRADE OF SMPN 4 MATARAM IN ACADEMIC YEARS 2014/2015

MUHAKKIKIN, MUHAKKIKIN (2015) THE EFFECTIVENESS OF ONE WORD-TWO WORD-THREE WORD GAME TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE VIII GRADE OF SMPN 4 MATARAM IN ACADEMIC YEARS 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
MUHAKKIKIN.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan pengujian penggunaan one word-two word-three word game dalam menulis descriptif teks. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi apakah one word-two word-three word game memberikan efek yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menerapakan model penelitian ekperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua SMPN 4 Mataram tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 10 kelas dan dua diataranya digunakan sebagai sampel untuk pengumpulan data. Kelas tersebut yaitu kelas VIII.1 sebagai kelompok experimental dan kelas VIII.2 sebagai kelompok kontrol yang masing masing kelompok terdiri dari 30 siswa. Sampel dari penelitian ini diambil dengan tujuan tertentu. Data dikumpulkan dari hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan tes tulis sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Data kemudian dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan analisis tersebut, didapatkan rata-rata pre-test dari kelompok experimental yaitu 43.53 dan kelopok kontrol yaitu 45.77. Sementara itu, hasil rata-rata post-test kedua kelompok yaitu 67.27 and 56.13. Hasil dari t-test adalah 3.61 sedangkan nilai dari t-table adalah 1.67 pada taraf signifikansi .05 (95%). Hasil ini menunjukkan bahwa nilai t-test lebih tinggi dari pada nilai t-table (3,61 > 1.67). Hal ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan one word-two word-three word game lebih baik dari penggunaan teknik yang biasa digunakan. Maka dapat disimpulkan bahwa one word-two word-three word game memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): One word-two word-three word Game, Teks Deskriptif, Menulis, dan Penelitian Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Jan 2019 03:05
Last Modified: 12 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11686

Actions (login required)

View Item View Item