COMPREHENSION AND ENGLISH READING COMPREHENSION (A Correlational Study at the Fifth Semester English Department Students of Teachers Training and Education Faculty of University of Mataram in Academic year 2014/2015)

Bentara, Prama (2015) COMPREHENSION AND ENGLISH READING COMPREHENSION (A Correlational Study at the Fifth Semester English Department Students of Teachers Training and Education Faculty of University of Mataram in Academic year 2014/2015). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Prama Bentara.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menemukan tingkat pemahaman membaca siswa dalam bahasa indonesia dan tingkat pemahaman membaca siswa dalam bahasa inggris, serta apakah terdapat sebuah hubungan antara pemahaman membaca dalam bahasa indonesia dengan pemahaman membaca dalam bahasa inggris. Peneliti mengambil 20 siswa sebagai sampel dari total populasi siswa (N = 73) semester lima program studi bahasa inggris, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan beberapa tes. Para siswa diberikan tiga maca tes, tes pemahaman membaca bahasa indonesia, tes pemahaman membaca bahasa Inggris, dan tes kecakapan bahasa inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara pemahaman membaca dalam bahasa indonesia dengan pemahaman membaca dalam bahasa inggris. Hasil ini diperoleh melalui hasil penghitungan nilai r dari variabel x (Pemahaman Membaca Bahasa Indonesia) dengan variabel y (Pemahaman Membaca Bahasa Inggris). Nilai rxy (0.234) lebih rendah pada ke dua level signifikan, baik level signifikan 95% (0.423) dan level signifikan 99% (0.527). Namun, hasil dari penghitungan dari variabel z (Kecakapan Bahasa Inggris) dengan variabel y (Pemahaman Membaca Bahasa Inggris) menunjukkan hubungan yang kuat. Nilai rzy (0.644) lebih tinggi baik pada level signifikan 95% (0.423) dan level signifikan 99% (0.527). Hal ini mengindikasikan bahwa kecakapan dalam L2/FL jauh lebih penting dibandingkan dengan kemampuan membaca dalam L1 sebagai faktor yang mempengaruhi performa membaca dalam L2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hubungan, Pemahaman Membaca Bahasa Indonesia, Pemahaman Membaca Bahasa Inggris, Kecakapan Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 12 Jan 2019 03:04
Last Modified: 12 Jan 2019 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item View Item