THE EFFECT OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHT GRADE OF SMPN 11 MATARM

WUSQO, URWATUL (2015) THE EFFECT OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHT GRADE OF SMPN 11 MATARM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
URWATUL WUSQO.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki dampak dalam meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan sedangkan sampelnya adalah kelas A dan B yang terdiri dari 34 siswa di setiap kelas. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental yang di lakukan di SMPN 11 Mataram. Peneliti membagi sampel menjadi kelas eksperiment dan keas kontrol. Kelas eksrimental diberikan perlakuan dengan menggunakan tehnik CIRC sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan tehnik konvensional. Instrument dalam penelitian ini di bagi dalam tiga tahapan, pre tes, merupakan tes pertama yang di berikan, selanjutnya treatment dan yang terakhir adalah post tes. Kelas eksperimental meraih skor 46 dan 63 untuk skor terendah dan tertinggi. Sedangkan, dalam post test meraih skor 49 dan 81 untuk skor terendah dan tertinggi. Kontrol grup mendapat 46 dan 80 untuk skor terendah dan tertinggi dalam pre test, dan mendapat 46 dan 80 untuk skor terendah dan tertinggi untuk post test. Ini dapat di katakana bahwa penggunaan CIRC meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa pada kelas delapan di SMPN 11 Matarm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CIRC, Reading Comprehension, Cooperative learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:43
Last Modified: 14 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11700

Actions (login required)

View Item View Item