THE EFFECTIVENESS OF SILENT VIDEO VIEWING TECHNIQUE (SVTT) IN STUDENTS’ WRITING SKILL OF ELEVENTH GRADE AT SMAN 1 PRINGGABAYA

HARDIANSYAH, WAWAN (2015) THE EFFECTIVENESS OF SILENT VIDEO VIEWING TECHNIQUE (SVTT) IN STUDENTS’ WRITING SKILL OF ELEVENTH GRADE AT SMAN 1 PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
WAWAN HARDIANSYAH.pdf

Download (882kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Kuasi Eksperimen dengan kelompok kontrol yang tidak ekuivalen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari teknik menonton video diam dalam kemampuan menulis siswa di kelas sebelas di SMAN 1 Pringgabaya pada tahun akademik 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelompok pembanding atau kelas kontrol. Kelas tersebut ditentukan melalui teknik Cluster random sampling. Penulis mengadakan prates dan pasca tes dalam pengumpulan data. temuan pada penelitian menyatakan bahwa hasil dari uji t adalah 2.778 yang mana lebih tinggi daripada nilai tabel t 2.00172 pada taraf kepercayan 95% dan 99% dengan harga tabel t 2.6633 untuk derajat kebebasan 58. Penghitungan dengan menggunakan IBM SPSS 21 (tes sampel independen) menyatakan bahwa niai signifikansi (Uji Dua Sisi) atau nilai beta (p) 0.007 lebih rendah dari nilai alpha (a) 0.05. Berdasarkan hasil dari uji t dan uji sampel independen bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menjawab rumusan masalah yang pertama bahwa penggunaan teknik menonton video diam pada kemampuan menulis siswa untuk kelas dua SMA adalah benar- benar efektif. Kemudian, hasil dari uji sampel berpasangan adalah nilai signifikansi (Uji dua sisi) 0.000 lebih rendah daripada nilai alpha 0.05. Jadi, hasil penghitungan uji sample berpasangan dengan menggunakan IBM SPSS 21 menyatakan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara nilai rata-rata dari nilai pra tes dan pasca tes dalam kelompok eksperimen. Hasil dari uji tersebut juga menjawab rumusan masalah yang kedua yaitu sebagian besar siswa dapat mempelajari keterampilan menulis melalui penggunaan teknik menonton video diam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik Menonton Video Diam, Keterampilan Menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:43
Last Modified: 14 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item