THE ANALYSIS OF STUDENTS ‘WRITING DIFFICULTIES IN USING SUBJECT-VERB AGREEMENT “EXPRESSION OF QUANTITY (MANY, MUCH, AND SOME)”: A CASE STUDY AT SMAN 8 MATARAM GRADE XII SEMESTER 1 ACADEMIC YEARS 2015/2016

MAYA, LALU MANDRA (2016) THE ANALYSIS OF STUDENTS ‘WRITING DIFFICULTIES IN USING SUBJECT-VERB AGREEMENT “EXPRESSION OF QUANTITY (MANY, MUCH, AND SOME)”: A CASE STUDY AT SMAN 8 MATARAM GRADE XII SEMESTER 1 ACADEMIC YEARS 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1D 011 039.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

riset ini bertujuan untuk meneliti kesulitan siswadalam menggunakan Subject Verb Agreement , pengekspresian jumlah, many, much, dan some dan apa yang membuat mereka melakukan kekeliruan dalam penggunaanya. Riset ini dilakukan di SMAN 8 Mataram dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner 1, tes tulis, dan kuesioner 2. Riset inimenggunakan metode kualitatif untuk menganalisa data dan riset ini merupakan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel purposive untuk pengambilan sampel dan sampel yang diambil adalah 110 siswa yang berasal dari kelas sains saja, dalam kasus ini, semua siswa dari kelas sains. Sampel ini diambil dari populasi kelas sains dan kelas sosial kelas XII semester 1 di SMAN 8 Mataram. dalam riset ini, peneliti membagi kesalahan yang dilakukan oleh siswa ke dalam 8 kategori antara lain : salah dalam penggunaan “some” dalam tulisan tapi benar dalam penggunaan “many dan much”, salah dalam penggunaan “many” dalam tulisan tetapi benar dalam penggunaan “much dan some”, salah dalam penggunaan “much” dalam tulisan tetapi benar dalam penggunaan “many dan some”, salah dalam penggunaan “much dan some” tapi benar dalam penggunaan “many” saja, salah dalam penggunaan“some dan many” tapi benar dalam penggunaan “much” saja, salah dalam penggunaan “many dan much” tapi benar dalam penggunaan “some” saja, salah dalam penggunaan “many, much dan some” dalam tulisan, dan tidak ada kesalahan dalam penggunaan “many, much, dan some” dalam tulisan. Dari hasil penelitian yang diambil dari instrument tes tulis, kesalahan dalam penggunaan much, many, dan some yang dilakukan siswa menempati posisi tertinggi di antara 8 kategori sedangkan yang terendah adalah kesalahan dalam penggunaan “much dan some”tapi benar dalam penggunaan “many” saja dan berdasarkan data dalam kuesioner 1 dan kuesioner 2, mereka terbukti mendapatkan kesulitan dalam penggunaan many, much, dan some dalam writing mereka karena beberapa alasan antara lain: 95 siswa tidak menguasai aturan dalam penggunaan subject verb agreement (many, much, dan some) dan tidak menguasai kata benda/perbendaharaan kata yang digunakan untuk kata-kata subject verb agreement yang cocok (some, many, much), 1 siswa tidak mendapatkan materi subject verb agreement di sekolahnya sejak dia SD sampai saat ini, 5 siswa jarang mengaplikasikan materi subject verb agreement material (many, much, dan some)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendidikan, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:43
Last Modified: 14 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item View Item