THE USE OF DOMINO CARDS GAME IN TEACHING RECOUNT TEXT WRITING: An Experimental Study at the Second Year of SMPN 5 MATARAM in Academic Year 2015/2016

HARTININGSIH, NINING (2016) THE USE OF DOMINO CARDS GAME IN TEACHING RECOUNT TEXT WRITING: An Experimental Study at the Second Year of SMPN 5 MATARAM in Academic Year 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1D109034.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “ penggunaan permainan kartu domino dalam mengajarkan menulis teks recount” ini bertujuan untuk menemukan pengaruh dari penggunaan permainan kartu domino dterhadap kemampuan menulis recount teks. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah permainan kartu domino secara efektif bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan para siswa dalam menulis teks recount. Penelitian Quasi-experimental ini dilakukan di SMPN 5 Mataram dengan 327 siswa kelas VIII sebagai populasi. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, 76 siswa terlibat sebagai sampel. Sampel tersebut terbagi menjadi dua grup, grup kontrol dan grup eksperimental dimana setiap grup memiliki jumlah yang sama yaitu 38 siswa. Permainan kartu domino diterapkan sebagai metode baru untuk grup eksperimental dan metode biasa diterapkan pada grup kontrol. Selanjutnya, kedua kelompok diberikan pre-test dan post-test yang sama dimana para siswa harus menuliskan sebuah karangan tentang pengalaman mereka. Setelah metode baru diterapkan, terlihat bahwa permainan kartu domino memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan menulis siswa. Hal ini bisa dilihat dari hasil nilai t-test yang dihasilkan yaitu 1.736. Dengan derajat kebebasan (df) 74, nilai t-test dibandingkan dengan nilai t-table pada level .05(95%) dengan level signifikan 1.665. Nilai t-test lebih tinggi danpada nilai t-table. Karena itulah null hypothesis (H o) yang mengatakan “ tidak ada pengaruh yang signifikan dari permainan kartu domino pada kemampuan menulis teks recount siswa” ditolak. Dengan kata lain, permainan kartu domino memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan menulis teks recount siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis, Teks Recount, Permainan Kartu Domino
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:27
Last Modified: 14 Jan 2019 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item