AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ERROR IN APPLYING PUNCTUATION MARKS IN WRITING PARAGRAPH: A CASE STUDY AT FIRST SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT OF FKIP UNRAM ACADEMIC YEAR 2015/2016

SUFIYANI, IRMA ALIF (2016) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ERROR IN APPLYING PUNCTUATION MARKS IN WRITING PARAGRAPH: A CASE STUDY AT FIRST SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT OF FKIP UNRAM ACADEMIC YEAR 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
IRMA ALIF SUFIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ‘Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Mengaplikasikan Tanda Baca Pada Penulisan Paragraph: Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Satu Jurusan Bahasa Inggris FKIP UNRAM Tahun Ajaran 2015/2016’ bertujuan untuk menemukan masalah yang ada pada mahasiswa dalam penggunaan tanda baca dan faktor-faktor yang menyebabkan masalah tersebut. Populasi penelitian ini adalah jumlah keseluruhan mahasiswa semester satu yaitu 80 mahasiswa pada kelas writing di FKIP UNRAM Tahun Ajaran 2015/2016 dan sampel yang digunakan adalah kelas A (27 mahasiswa). Untuk mengumpulkan data, peneliti menghitung hasil pekerjaan siswa dan menemukan bahwa kesalahan yang paling dominan adalah pada tanda baca apostrophe (tanda petik). Kesalahan pada penggunaan apostrophe adalah 24,83%. Sehingga dalam mengerjakan tes, beberapa mahasiswa menghasilkan beberapa kesalahan tanda baca dalam penulisan paragraph. Dari hasil interview menunjukkan menunjukkan bahwa banyak faktor kesalahan tanda baca oleh mahasiswa dalam menulis paragraph disebabkan oleh kurangnya ketepatan dalam penggunaan tanda baca, kurangnya kosakata, kurangnya tata bahasa, dan juga kurangnya pengetahuan tentang penggunaan tanda baca.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menulis, Paragraf, Tanda Baca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 00:37
Last Modified: 15 Jan 2019 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item