TEACHERS’ PERCEPTIONS TOWARD CURRICULUM CHANGES. A CASE STUDY ON THE ENGLISH TEACHERS OF SMK 1 LINGSAR

Juliantara, I Wayan (2016) TEACHERS’ PERCEPTIONS TOWARD CURRICULUM CHANGES. A CASE STUDY ON THE ENGLISH TEACHERS OF SMK 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Journal_I Wayan Juliantara_Teachers' Perceptions toward Curriculum Changes.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti persepsi guru mengenai perubahan kurikulum yang dilaksanakan di SMK 1 Lingsar. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi guru mata pelajaran Bahasa Inggris terhadap perubahan kurikulum yang baru saja terjadi. Subyek dari penelitian ini adalah 4 orang guru mata pelajaran Bahasa Inggris yang dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan in-depth interview yang bertujuan untuk memahami pengalaman seseorang. Dari hasil analisis data, ditemukan bahwa pengalaman, pengetahuan, dan konteks situasi dapat memepengaruhi persepsi guru terhadap perubahan kurikulum. Oleh karna itu, kurangnya pengetahuan, pengalaman, fasilitas sekolah dan guru menimbulkan persepsi bahwa KTSP yang merupakan kurikulum sebelumnya lebih mudah diimplementasikan dibandikan kurikulum 2013. Selain itu, posisi guru juga berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi mereka mengenai perubahan kurikulum. Semakin tinggi posisi seorang guru, semakin banyak dan baik program pelatihan kurikulum yang didapatkan. Para guru juga berpikir bahwa konsep penilaian yang kompleks, waktu yang terbatas, dan sumber pembelajaran berbasis online dalam implementasi kurikulum 2013 menjadi masalah yang dihadapi. Akan tetapi, para guru masih berusaha untuk beradaptasi dengan tetap mengikuti pelatihan kurikulum dan juga mengadopsi sumber pembelajaran berbasis online sesering mungkin. Meraka beranggapan bahwa perubahan kurikulum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga dengan mengikuti lebih banyak pelatihan kurikulum, diskusi, pengadaan fasilitas sekolah yang mendukung, dan waktu untuk meningkatkan pemahaman mengenai kurikulum dapat mengatasi permasalahan dan mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): guru, persepsi, perubahan kurikulum, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:04
Last Modified: 15 Jan 2019 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11737

Actions (login required)

View Item View Item