“THE EFFECT OF GRAMMAR IN CONTEXT STRATEGY IN WRITING SKILL: AN EXPERIMENTAL STUDY AT SECOND GRADE OF SMPN 8 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2015/2016”

RISTANTI, MELISA (2016) “THE EFFECT OF GRAMMAR IN CONTEXT STRATEGY IN WRITING SKILL: AN EXPERIMENTAL STUDY AT SECOND GRADE OF SMPN 8 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2015/2016”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL-Melisa Ristanti-E1D012039.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah terdapat sebuah pengaruh atau tidak dari strategi Grammar in Context dalam keterampilan menulis. SMPN 8 Mataram dipilih sebagai tempat penelitian. Populasinya yaitu 305 siswa dari kelas VIII dengan sempel penelitian yaitu kelas H dengan jumlah 39 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas F dengan jumlah 38 siswa sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Data diperoleh dari hasil dokumentasi dan tes yang terbagi dalam tiga prosedur yaitu pre-tes, perlakuan (treatment), dan post-tes. Pre-tes diberikan kepada kedua kelompok untuk mengetahui pengetahuan dasar siswa terhadap topik terkait. Nilai rata-rata dari pre-tes ini yaitu 56.31 pada kelompok eksperimen dan 57.53 pada kelompok kontrol. Didalam sesi perlakuan, strategi Grammar in Context diaplikasikan pada kelompok eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan tekhnik penjelasan biasa. Terakhir, post-tes dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak dalam keterampilan menulis teks recount siswa dengan hasil nilai rata-rata siswa yaitu 75.86 di kelompok eksperimen dan 68.17 di kelompok kontrol. Kemudian, data tersebut dianalisis menggunakan formula t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t- test adalah 3.196 dan terbukti lebih tinggi dari nilai t-table yaitu 2.004 pada degree of freedom 55 dan confidence level 0.05 (95%). Maka dari itu, Null Hypothesis (Ho) tertolak dan sebagai kesimpulannya strategi Grammar in Context terbukti efektif dalam pembelajaran tenses Bahasa Inggris dalam keterampilan menulis pada kelas VIII di SMPN 8 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): grammar (tata bahasa), konteks, strategi, keterampilan menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:04
Last Modified: 15 Jan 2019 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item