ANALYZING THE COMMUNICATIVENESS OF SPEAKING MATERIALS IN ENGLISH TEXTBOOK USED BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 NARMADA IN ACADEMIC YEAR 2015/2016

AINI, RUKYAL (2016) ANALYZING THE COMMUNICATIVENESS OF SPEAKING MATERIALS IN ENGLISH TEXTBOOK USED BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 NARMADA IN ACADEMIC YEAR 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL RUKYAL AINI (E1D112107).pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk menganalisis materi speaking komuniatif pada buku bahasa Inggris “Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1” yang digunakan oleh kelas X SMAN 1 Narmada tahun ajaran 2015-2016. Akan tetapi, penelitian ini fokus untuk (1) menemukan apakah buku bahasa Inggris memenuhi materi speaking komunikatif atau tidak berdasarkan kriteria materi speaking komunikatif yang diusulkan oleh Morrow (1981) pada Larsen-Freeman (2000: 129) dan Grant (1996), (2) meneliti jenis-jenis materi speaking komunikatif yang ada pada buku bahasa Inggris, dan (3) menemukan apakah materi speaking di buku bahasa Inggris sesuai dengan silabus kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis materi speaking yang ditemukan di buku, dan membandingkan materi speaking tersebut dengan silabus. Peniliti juga menggunakan checklist sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sepuluh jenis materi speaking yang ditemukan di buku bahasa Inggris, tetapi ada sembilan jenis materi yang memenuhi criteria materi speaking komunikatif. Diantaranya; talking about oneself, expressing and responding to compliment, expressing care, asking and stating intentions, expressing and responding to congratulations, talking about someone, talking about famous place, talking about historical place, and the last one is giving announcement. Selain itu, berkenaan dengan hubungan materi speaking di buku bahasa Inggris dan silabus, hasil analisis menunjukkan bahwa tidak semua materi speaking yang ditemukan di buku sesuai dengan materi yang diusulkan di silabus. Dua dari materi speaking yang ada di textbook sebagian materinya tidak sesuai dengan silabus, yaitu talking about tourist resorts dan talking about famous place. Dimana materi tersebut secara berturut-turut tidak memberikan siswa kesempatan untuk membuat text deskriptif tentang tourist resort (tempat pesiar) sebagaimana yang disarankan di silabus, dan pokok pembicaraan pada task yang disediakan di buku tidak sesuai dengan silabus

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, Textbook, Materi Speaking Komunikatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:04
Last Modified: 15 Jan 2019 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11740

Actions (login required)

View Item View Item