THE ANALYSIS OF PSYCHOLOGICAL CONFLICTS OF THE MAIN CHARACTER AND MORAL VALUES AS SEEN IN MITCH ALBOM’S NOVEL FOR ONE MORE DAY

ANNISA, WIA (2016) THE ANALYSIS OF PSYCHOLOGICAL CONFLICTS OF THE MAIN CHARACTER AND MORAL VALUES AS SEEN IN MITCH ALBOM’S NOVEL FOR ONE MORE DAY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal WIA ANNISA E1D012078.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konflik-konflik psikologi yang dihadapi oleh tokoh utama dan nilai-nilai moral yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam novel For One More Day karya Mitch Albom. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan konflik-konflik psikologi tokoh utama dalam novel For One More Day karya Mitch Albom berdasarkan teori Sigmund Freud, (2) menjelaskan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel For One More Day. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggambarkan fenomena-fenomena yang berhubungan dengan konflik- konflik psikologi dan nilai-nilai moral dalam novel Mitch Albom. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi perpustakaan dan internet. Sedangkan metode analisis data dilakukan dengan beberapa cara diantaranya: (1) membaca novel berulang kali; (2) mengidentifikasi konflik-konflik psikologi dan nilai-nilai moral; (3) mengklasifikasi; (4) menjelaskan; dan (5) menyimpulkan hasil analisis yang berhubungan dengan masalah-masalah yang telah dikemukakan serta tujuan dari penelitian ini Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil dari penelitian ini antara lain: (1) konflik-konflik psikologi yang dihadapi oleh Chick, tokoh utama dalam novel For One More Day didominasi oleh Id atau Das Es di mana dia merasakan kesakitan, depresi, dan kemarahan terhadap dirinya sendiri. Dia melampiaskan reaksi Id ini melalui merokok pada usia dini, menangis, berteriak, meminum alcohol, dan melakukan bunuh diri. Hal ini merupakan respon dari Ego-nya untuk menghindari atau mengurangi perasaan tertekan dalam Id-nya; (2) nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel ini diklasifikasikan ke dalam moral buruk yang terdiri dari merokok pada usia dini, meminum alcohol, berbohong, dan perceraian. Sedangkan moral baik terdiri dari sikap penyabar dan sopan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asmiatun. 2008. Konflik Psikis dan Nilai-nilai Pendidikan Tokoh Utama Arimbi Novel Detik Terakhir Karya Alberthiene Endah. FKIP. Universitas Mataram. Atkinson, L. Rita. et al. 2010. Pengantar Psikologi Jilid Dua. Tangerang. INTERAKSARA. Doro, La. 2008. An Analysis of Psychological Conflict and Characterization of the Main Character of D.H. Lawrence Short Story “The Rocking Horse Winner”.FKIP. Universitas Mataram. Eagleton, Terry. 1943. Literary Theory: An Introduction / Terry Eagleton. - 2nd e. United States: The University of Minnesota Press. Freud, Sigmund. A General Introduction to Psychoanalysis. PDF-BooksWorld (http://www.pdfbooksworld.com) Freud, Sigmund.2005. Psikopatologi Dalam Kehidupan Sehari-hari. Pasuruan: Pedati. Hornby, A.S. 2010. Oxford Advanced Learner’s Dictionary “Eighth Edition”. New York: Oxford University Press. Kusumawati, Eti. 2007. An Analysis on Intrinsic Elements of Agatha Christie’s “The Pale Horse”. Faculty of Adab and Humanities. State Islamic University of Jakarta Syarif Hidayatullah. Lukács, Georg. 1988. The Theory of the Novel. London: The Merlin Press.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:04
Last Modified: 15 Jan 2019 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item