COHESIVE DEVICES ANALYSIS OF STUDENTS’ ENGLISH WRITING OF FOURTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM OF MATARAM UNIVERSITY IN ACADEMIC YEAR 2016/2017

Hasanah, Uswatun (2017) COHESIVE DEVICES ANALYSIS OF STUDENTS’ ENGLISH WRITING OF FOURTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION PROGRAM OF MATARAM UNIVERSITY IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTICLE FIX.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari jenis-jenis cohesivie device, ketepatan penggunaan, dan masalah yang dihadapi oleh Mahasiswa dalam membuat tulisan yang coherence dengan menggunakan model cohesion didalam bahasa Inggris yang dikemukakan oleh Halliday dan Hasan (1976). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Sample dari penelitian ini yaitu 20 orang mahasiswa semester empat Pendidikan Bahasa Inggris. Hasil study memperlihatkan bahwa mahasiswa menggunakan lima jenis cohesive device dengan frekuensi yang berbeda-beda. Tipe yang paling banyak muncul adalah conjunction yaitu sebanyak 46.89% diikuti oleh reference sebanyak 35.32%, lexical cohesion sebanyak 16.79%, substitution sebanyak 0.87% dan yang paling sedikit adalah ellipsis yaitu muncul hanya 0.12%. Kemudian, keakuratan penggunaan dari cohesive device oleh mahasiswa menunjukkan bahwa mereka dapat menggunakan cohesive device secara akurat dengan presentase 63.44%. Sedangkan masalah yang ditemukan didalam tulisan mereka memperlihatkan bahwa mahasiwa berlebihan menggunakan beberapa jenis cohesive device seperti conjunction dan repetition sehingga menyebabkan redundansi pada tulisan mereka. Lalu, ketidak tepatan penggunaan beberapa jenis cohesive device juga ditemukan didalam tulisan mereka. Masalah terakhir adalah mahasiswa seperti tidak familiar dengan beberapa jenis cohesive device dan itu terlihat dari frekuensi pengggunaan beberapa tipe yang lebih banyak dari tipe lainya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Expository Writing, Cohesion and Coherence, Cohesive Devices
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Jan 2019 01:41
Last Modified: 16 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11757

Actions (login required)

View Item View Item