INDONESIAN-ENGLISH CODE SWITCHING BY FACEBOOKERS A Case Study at Student Association of English Education Program (SAE2P) Members of FKIP University of Mataram Academic Year 2017/2018

FEBRIAZDA A, SEVIN (2017) INDONESIAN-ENGLISH CODE SWITCHING BY FACEBOOKERS A Case Study at Student Association of English Education Program (SAE2P) Members of FKIP University of Mataram Academic Year 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Studi ini berjudul “INDONESIAN-ENGLISH CODE SWITCHING BY FACEBOOKERS. A Case Study at Student Association of English Education Program (SAE2P) Members of FKIP University of Mataram Academic Year 2017/2018” yang bertujuan untuk (1) menggambarkan tipe alih kode yang digunakan oleh SAE2P, dan (2) menemukan alasan mengapa SAE2P melakukan alihkode. Studi ini menggunakan metode kualitatif, yang dimana sampelnya meliputi 40 anggota dari asosiasi mahasiswa pendidikan bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram yang aktif di Facebook. Data dikumpulkan dengan cara observasi tidak langsung pada status-status dan komentar- komentar anggota SAE2P di Facebook. Setelah mencatat dan menerjemahkannya, data tersebut lalu di identifikasi berdasarkan alihkode untuk menganalisa tipe dan alasan alihkode. Peneliti menemukan tiga tipe alihkode oleh pengguna Facebook dari komunitas SAE2P, yaitu, inter-sentential code switching yang muncul sebanyak 28 kali atau 37.84%, intra-sentential code switching yang muncul sebanyak 45 kali atau 60.81%, dan tag switching yang muncul sebanyak 1 kali atau 1.35%. Ada 5 alasan untuk menggunakan alihkode oleh pengguna Facebook dari komunitas SAE2P, antara lain (a) membicarakan topic tertentu, (b) mengutip orang lain, (c) menggunakan kata seru (menyisipkan pengisi kalimat atau penyambung kalimat), d) bersikap empati terhadap suatu hal, dan (e) menggunakan pengulangan untuk klarifikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): alih kode, Facebook, pengguna Facebook, SAE2P
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Jan 2019 01:41
Last Modified: 16 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11759

Actions (login required)

View Item View Item