THE USE OF DICTOGLOSS AND DICTO-COMP IN IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL IN RECOUNT TEXT: A Comparative Study at Mts Negeri 2 Mataram in Academic Year 2016/2017

SAFARA, ALVI (2017) THE USE OF DICTOGLOSS AND DICTO-COMP IN IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL IN RECOUNT TEXT: A Comparative Study at Mts Negeri 2 Mataram in Academic Year 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Journal alvi.pdf

Download (825kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memilih metode antara dictogloss dan dicto-comp yang lebih efektif dalam mengajarkan kemampuan menulis siswa pada kelas 8 di MTs Negeri 02 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini yakni siswa kelas 8 di MTs Negeri 02 Mataram. Metode pada penelitian ini adalah comparative study dengan menggunakan pre-test dan post-test. Dengan demikian, pengumpulan data didapat dari hasil pre-test and post-test. Jumlah total sampel adalah sebanyak 33 siswa pada kelompok dictogloss dan 33 siswa pada kelompok dicto-comp. dalam melakukan penelitian ini, kelompok dictogloss diberikan teknik dictogloss, sedangkan kelompok dicto-comp diberikan teknik dicto-comp. Nilai rata-rata pre-test yang diperoleh pada kelompok dictogloss dan dicto-comp adalah 45.90 dan 45.75. Sedangkan nilai rata-rata post-test yang diperoleh masing-masing kelompok adalah 58.78 dan 49.54. Selanjutnya, nilai t-test adalah 2.775 dan nilai dari t-table adalah 1.671 pada tingkat 0.05 (95%) dan 2.390 pada tingkat 0.01 (99%) menggunakan tabel one-tailed dengan df (degree of freedom) 64. Hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa teknik Dictogloss lebih efektif dari pada teknik Dicto-comp dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa pada teks recount.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Comparative, kemampuan menulis, dictogloss, dicto-comp.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Jan 2019 03:42
Last Modified: 16 Jan 2019 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item