AN ANALYSIS OF STUDENTS’ PROBLEMS IN THE READING SECTION OF TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (TOEFL) : A STUDY AT SENIOR STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT, MATARAM UNIVERSITY IN ACADEMIC YEAR 2015/2016

AYU, RISMA (2017) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ PROBLEMS IN THE READING SECTION OF TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (TOEFL) : A STUDY AT SENIOR STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT, MATARAM UNIVERSITY IN ACADEMIC YEAR 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
journal Risma Ayu.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menjawab soal bagian Reading dalam TOEFL, serta faktor kendala dalam menjawabnya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa senior jurusan pendidikan bahasa inggris di universitas mataram Indonesia, mulai dari semester 6 keatas. Subjek yang diambil sebanyak 60 mahasiswa melalui purposive sampling. Pengmpulan data dilakukan melaui tes bagian Reading dalam TOEFL, kuesioner, dan interview. Dengan demikian, jenis penelitian ini merupakan studi deskripsi dimana data diolah secara quantitatif dan qualitative. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan 1) Jenis masalah yang dihadapi mahasiswa dalam menjawab soal Reading TOEFL ditemukan dalam delapan jenis atau topic pertanayaan diantaranya adalah pertanyaan mengenai unstated detail, implied detail, vocabulary in context, a question of organization, main idea, stated detail, a question of tone, dan referent; 2) Penyebab mahasiswa dalam menjawab tes ialah berasal dari faktor internal mahasiswa itu sendiri yang meliputi sikap dan pengalaman mereka saat menghadapi tes seperti penguasaan kosa-kata bahasa inggris yang kurang, faktor sikap atau cara yang selalu membaca soal terkesan lambat, mengulang-ulang, terfokus dan berhenti pada teks yang sulit dipahami, dimana tes tersebut memiliki rentang waktu yang sangat terbatas, dan selalu terburu-buru sehingga membuat mereka tak dapat menyelesaikan tes secara tepat waktu. Selain itu, para mahasiswa juga tidak pernah menggunakan strategi yang telah diajari oleh dosen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TOEFL, Pemahaman Reading, Permasalahan Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:34
Last Modified: 16 Jan 2019 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item