Samudera, Viddy Mega (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI VIDDY MEGA SAMUDERA.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (X1) terhadap hasil belajar fisika siswa (Y); (2) pengaruh sikap ilmiah (X2) terhadap hasil belajar fisika siswa (Y); (3) pengaruh interaksi antara (X1) dengan (X2) terhadap (Y). Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 6 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data diambil menggunakan tes pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban (hasil belajar) dan angket (sikap ilmiah). Data hasil dianalisis menggunakan analisis varians (anava) dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Hasilnya menunjukkan bahwa Fhitung untuk pengaruh (X1) = 4,50, (X2) = 25,92, dan interaksi antara (X1) dengan (X2) sebesar 0,052 dengan Ftabel = 3,97. Untuk pengaruh (X1) dan (X2) didapat Fhitung ≥ Ftabel sedangkan pengaruh interaksi antara (X1) dengan (X2) didapatkan Fhitung < Ftabel . Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar fisika siswa; (2) ada pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa; (3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran POE dengan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), sikap ilmiah, hasil belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 00:11 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 00:11 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1180 |
Actions (login required)
View Item |