TEACHER’S CHARACTERISTICS AND STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENTS IN ENGLISH: A SURVEY AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMAN 1 PRAYA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017

HAKIM, LALU MUHAMAD ZIKRUL (2017) TEACHER’S CHARACTERISTICS AND STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENTS IN ENGLISH: A SURVEY AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMAN 1 PRAYA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL PDF L. M. Zikrul Hakim (E1D111075).pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul "Karakteristik Guru dan Prestasi Belajar Siswa dalam Bahasa Inggris: Penelitian pada Siswa Kelas II SMAN 1 Praya Tahun Akademik 2016/2017". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa tentang karakteristik guru yang baik dan untuk mengetahui karakteristik guru dari perspektif siswa dan pendapat siswa terkait kebutuhan, minat, dan motivasi belajar bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah tiga puluh (30) siswa di XI Bahasa di SMAN 1 Praya. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket dan wawancara. Dalam kuesioner, langkah pertama menggunakan pertanyaan tertutup (close-ended questions) untuk mendapatkan informasi tentang karakteristik siswa tentang karakteristik guru yang baik, yang terdiri dari dua puluh delapan pertanyaan dalam angket. Dalam pertanyaan tertutup, empat kategori karakteristik guru digunakan. Data yang dikelompokkan menjadi 4 kategori yaitu kepribadian guru, kesiapan guru, proses pengajaran guru, dan penilaian guru. Pertanyaan tertutup berakhir diberikan dalam bentuk 2 poin yaitu (setuju) dan (tidak setuju). Agar siswa memahami kuesioner dengan jelas, kuesioner ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Langkah kedua menggunakan pertanyaan terbuka (open-ended questions) untuk mendapatkan informasi tentang jenis karakter guru dalam mendukung prestasi belajar bahasa Inggris yang terdiri dari satu pertanyaan terbuka. Jika jawaban responden muncul lebih dari 3 kali maka akan dihitung. Hal itu juga memberi ruang bagi alasan siswa mengapa mereka menyebutkan karakteristiknya. Langkah terakhir adalah mewawancarai siswa dengan menerapkan wawancara semi terstruktur kepada responden, untuk melengkapi data dan memperoleh informasi lebih lanjut terkait dengan kuesioner tentang karakter guru yang baik. Kemudian,data ditabulasikan dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa karakteristik guru sangat humoris (90%), baik dalam penguasaan pengetahuan (85%), bertujuan memberikan nilai siswa (90%) dan memberi motivasi kepada siswa (85%). Juga ditemukan bahwa karakter seorang guru dalam mendukung prestasi siswa dalam bahasa Inggris cukup baik dalam penguasaan pengetahuan dan menjadi pernyataan tertinggi yang dipilih oleh responden. Karakteristik ini diikuti oleh objektivitas guru dalam memberikan nilai siswa di posisi kedua, guru memiliki persiapan dan pengarsipan pelajaran yang baik di posisi ketiga, dan guru memotivasi siswa di posisi keempat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Guru, karakteristik, dan prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 21 Jan 2019 01:09
Last Modified: 21 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item