USING PICTURES WITH GUIDING QUESTIONS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: AN EXPERIMENTAL STUDY ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS AT SMPN 8 MATARAM IN ACADEMIC YEARS 2017/2018

PURI, MEISY LEGITA (2017) USING PICTURES WITH GUIDING QUESTIONS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: AN EXPERIMENTAL STUDY ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS AT SMPN 8 MATARAM IN ACADEMIC YEARS 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
MEISY LEGITA PURI.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah menggunakan gambar dengan panduan pertanyaan atau tidak, memberikan pengaruh positif pada kemampuan menulis deskriptif pada siswa kelas 8 di SMPN 8 Mataram. Populasi penelitian ini adalah 289 siswa dan penelitian ini mengambil 2 kelas sebagai sampel, yaitu 60 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata tes tulis yang terjadi pada post-test, dari 41,4 di tes awal meningkat menjadi 67,4 pada post-test. Artinya, menggunakan gambar dengan panduan pertanyaan membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka. Total nilai t-test adalah 2,985, yang artinya nilai t-test lebih tinggi dari tingkat kepercayaan 0,01 (99%) menunjukkan 2,704, artinya Ho yang menyatakan tidak ada efek positif dari penggunaan gambar dengan panduan pertanyaan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Kemampuan menulis ditolak tapi Ha yang menyatakan ada efek positif dalam menggunakan gambar dengan panduan pertanyaan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa sehingga tidak dapat ditolak, atau hipotesis Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan gambar dengan panduan pertanyaan memberikan kontribusi sebesar 13,2% dari kontribusi 100% terhadap kemampuan menulis siswa maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan gambar dengan panduan pertanyaan memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada kelas VIII di SMPN 8 MATARAM pada tahun akademik 2017/2018. Terbukti dengan nilai total t-test (2,985) yang lebih tinggi dari t-tabel pada tingkat kepercayaan 0,01 (99%). Oleh karena itu, dengan menggunakan gambar dengan panduan pertanyaan memiliki pengaruh positif terhadap pengembangan kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gambar, teks deskriptif, dan panduan pertanyaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 22 Jan 2019 00:36
Last Modified: 22 Jan 2019 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item View Item