AN ANALYSIS ON EFL STUDENT TEACHERS’ DIFFICULTIES DURING TEACHING PRACTICE: A CASE STUDY AT JUNIOR AND SENIOR HIGH SCHOOLS IN MATARAM

Tari, Tiaz Rahma (2017) AN ANALYSIS ON EFL STUDENT TEACHERS’ DIFFICULTIES DURING TEACHING PRACTICE: A CASE STUDY AT JUNIOR AND SENIOR HIGH SCHOOLS IN MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
TIAZ RAHMA TARI - JOURNAL.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Kesulitan yang Dialami Mahasiswa PPL Bahasa Inggris Selama masa PPL: Studi Kasus di SMP dan SMA di Mataram” ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi mahasiswa PPL Bahasa Inggris selama masa PPL (2) mencari tahu bagaimana mahasiswa PPL Bahasa Inggris menyelesaikan kesulitan tersebut. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa PPL Bahasa Inggris dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, yang telah menyelesaikan PPL yang berlangsung selama lima bulan, pada tahun akademik 2016-2017. Penelitian ini adalah penelitian descriptive qualitative. Data dikumpulakn melalui (1) questionnaire terbuka (close-ended) yang bertujuan mengumpulkan informasi tentang kesulitan yang dihadapi selama masa PPL yang berhubungan dengan menejemen kelas, kesulitan yang berkaitan dengan mengevaluasi siswa, kesulitan yang berhubungan dengan dosen pembimbing dan guru pamong, kesulitan yang berkaitan dengan tuga-tugas selain mengajar dan kesulitan tentang materi ajar, dan (2) wawancara yang bertujuan mengumpulkan informasi tentang initiative dari para mahasiswa PPL dalam menyelesaikan kesulitan yang dialami. Hasil penelitian yang ditemukan baik dari questionnaire maupun wawancara menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan yang muncul selama masa PPL di tahun akademik 2016-2017. Berdasarkan hasil temuan, kesulitan utama (major) yang dihadapi mahasiswa PPL Bahasa Inggris berkaitan dengan aspek menejemen kelas, mengevaluasi siswa dan materi ajar. Di sisi lain, kesulitan yang berkaitan dengan dosen pembimbing, guru pamong dan tugas-tugas selain mengajar termasuk kategori minor. Initiatif yang dilakukan mahasiswa PPL Bahasa Inggris untuk menyelesaikan kesulitan yang dihadapi adalah mendiskusikan kesulitang yang dirasakan dengan teman sesama PPL, dosen pembimbing dan guru pamong, belajar dari buku- buku dan internet, menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum masuk ke kelas, memanfaatkan internet dan sumber-sumber lainnya, selalu berkomunikasi dengan siswa jika ada permsalahan yang muncul, menggunakan beberapa teknik dalam menghadapi sikap buruk siswa, misalnya menggunakan teknik silence, memberikan hukuman, hadiah atau ancaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mahasiswa PPL Bahasa Inggris, Kesulitan, PPL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 22 Jan 2019 00:28
Last Modified: 22 Jan 2019 00:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11832

Actions (login required)

View Item View Item