PENERAPAN METODE STORY TELLING (MENDONGENG) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SDN 1 PRINGGABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018

BAHARUDIN, MUHLISA (2018) PENERAPAN METODE STORY TELLING (MENDONGENG) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SDN 1 PRINGGABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 1 Pringgabaya. Hal ini disebabkan penggunaan metode yang kurang bervariasi dari guru, partisipasi siswa dalam pembelajaran masih sangat kurang dan penggunaan bahasa ibu (bahasa sasak) dalam sekolah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode story teliing (mendongeng) dengan media gambar seri terhadap siswa kelas II SDN 1 Pringgabaya Tahun 2017─2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus dengan jumlah siswa 24 orang. Data aktivitas guru, aktivis siswa, dan data hasil keterampilan berbicara siswa yang diperoleh dari lembar obsevasi yang diambil pada tahap pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan penggunaan metode story telling (mendongeng) dengan media gambar seri. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan klasikal minimal 85% dari keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥ 70, aktivitas siswa minimal berkategori aktif, dan aktivitas guru minimal berkatagori baik. Hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukkan bahwa skor aktivitas guru adalah 10,5 dengan katagori cukup baik meningkat menjadi 14 berkatagori baik. Skor aktivitas siswa 44 dengan katagori cukup aktif meningkat menjadi 53 dengan katagori aktif. Sedangkan rata-rata hasil kemampuan berbicara siswa adalah 69,05 meningkat menjadi 75,8. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode story teliing (mendongeng) dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 1 Pringgabaya Tahun 2017─2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan berbicara, metode story teliing (mendongeng) dengan media gambar seri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:54
Last Modified: 22 Jan 2019 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item