PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 6 LEMBUAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUSILAWATI, NURLAILA (2014) PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 6 LEMBUAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI.docx

Download (160kB)
[img] Text
JURNAL ELA.docx

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang terjadi di kelas, khususnya kelas V SDN 6 Lembuak terkait dengan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari nilai Bahasa Indonesia siswa dalam KD yang berkaitan dengan membaca pemahaman belum memenuhi KKM yang ditentukan yakni 65. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 6 Lembuak tahun pelajaran 2013/2014. Adapun metode pembelajaran yang digunakan adalah metode SQ3R (Survey-Question-Read-Recite-Review). Dalam metode ini, siswa mempunyai tujuan membaca yang jelas sehingga dirasa cocok untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa karena siswa yang memiliki tujuan membaca lebih mudah memahami isi bacaan jika dibandingkan dengan siswa yang tidak memiliki tujuan membaca. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 40 orang. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan klasikal minimal 80%, aktifitas siswa minimal berkategori aktif, dan aktifitas guru minimal berkategori baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R (Survey-Question-Read-Recite-Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 6 Lembuak tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode SQ3R (Survey-Question-Read-Recite-Review), Kemampuan Membaca Pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2019 05:46
Last Modified: 24 Jan 2019 05:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item View Item