PENERAPAN PENDEKATAN CBSA (CARA BELAJAR SISWA AKTIF) DENGAN ALAT PERAGA KARTU BERMUATAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 TEBABAN KEC. SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TASRIFA, HIKA (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CBSA (CARA BELAJAR SISWA AKTIF) DENGAN ALAT PERAGA KARTU BERMUATAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 TEBABAN KEC. SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dengan alat peraga kartu bermuatan pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 2 Tebaban, dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut terlihat pada hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan kinerja guru mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. 1. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 64,31 pada siklus I menjadi 71,36 pada siklus II. 2. Aktivitas belajar siswa meningkat dari skor 52 dengan kriteria cukup aktif pada siklus I menjadi skor 58 dengan kriteria aktif pada siklus II. 3. Kinerja mengajar guru mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 yaitu 19 ke 20 dan siklus II pada pertemuan 1 ke pertemuan 2 yaitu 21 ke dengan kriteria baik pada siklus I menjadi kriteria sangat baik pada siklus II. Agar pembelajaran Matematika sesuai dengan tujuan yang diharapkan maka disarankan sebagai berikut: - Bagi siswa diharapkan harus lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar matematika sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. - Bagi guru kelas, disarankan untuk menggunakan alat peraga dalam melaksanakan proses belajar-mengajar di kelas IV khususnya pada mata pelajaran matematika pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat karena menggunakanpenerapan pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) dengan alat peraga yang sudah diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika. - Kepada pihak sekolah khusunya kepala sekolah hendaknya menyediakan fasilitas yang memadai guna meningkatkan kreativitas guru dalam merancang dan melakukan inovasi pembelajaran khususnya dalam inovasi alat peraga yang terkait dengan pendidikan khususnya mata pelajaran matematika, yang dimana hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam membuat suatu kebijakan, seperti: pengembangan kurikulum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penerapan pendekatan CBSA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:41
Last Modified: 25 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item