PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 47 AMPENAN TAHUN AJARAN 2014/2015

NURZULFAN, MUHAMMAD (2014) PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 47 AMPENAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL & ABSTRAK ZULFAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SDN 47 Ampenan tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan strategi TTW (Think-Talk-Write) dalam kelompok kecil. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar menggunakan lembar kerja siswa. Aktivitas guru diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, dan aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh jumlah skor aktivitas dalam dua siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I jumlah skor aktivitas guru sebesar 19 berkategori baik, sedangkan jumlah skor aktivitas siswa sebesar 42 dengan kategori cukup aktif dengan (KKM) ≥65 dan ketuntasan klasikal 71,42%. Pada penelitian siklus II mengalami peningkatan jumlah skor aktivitas guru yaitu dari 19 berkategori baik menjadi 23 dengan kriteria sangat baik, jumlah skor aktivitas siswa adalah 59 dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi TTW (Think-Talk-Write) dalam kelompok kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SDN 47 Ampenan tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi think-talk-write, aktivitas dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 00:52
Last Modified: 04 Feb 2019 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11961

Actions (login required)

View Item View Item