ROHMAH, YULIA ROHAIDATUL (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X ATPH SMK NEGERI 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X ATPH SMKN 1 Kuripan tahun ajaran 2013/2014. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X ATPH, dengan menerapkan strategi pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan LKS. Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Sedangkan pelaksanaan strategi pembelajaran POE dilakukan melalui tiga tahap yakni tahap predict, observe, dan explain. Berdasarkan hasil evaluasi maka diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 78,5 dengan ketuntasan klasikal 77,80%. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 11,5 yang berada pada kategori cukup aktif. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 3,8 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,3 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 85,19 %. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan kedua dan tiga adalah 12,5 dan 13,5 yang keduanya menunjukkan berada pada kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi POE berbantuan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X ATPH SMKN 1 Kuripan tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Strategi pembelajaran POE , LKS, aktivitas belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 26 Jan 2019 00:52 |
Last Modified: | 26 Jan 2019 00:52 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11962 |
Actions (login required)
View Item |