PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNNER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 1 KAWO TAHUN AJARAN 2013/2014

NURHASIAH, NURHASIAH (2014) PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNNER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 1 KAWO TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I s.d IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan Teori Belajar Bruner pada materi ”Bilangan Bulat”. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 1 Kawo dengan subyek 37 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu ; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observer evaluasi, dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan tes essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh 75 % dengan kriteria cukup aktif. Persentasi ketuntasan klasikal 64,47 % jumlah yang tuntas 25 orang dan yang tidak tuntas 12 orang, persentasi LKS 68,1 % dari hasil tersebut diperoleh persentasi keseluruhan 64,47 % dengan kreteria cukup aktif. Pada siklus II aktivitas belajar siswa diperoleh 82.89 % dengan kreteria aktif. Pada tes essay diperoleh persentasi ketuntasan klasikal adalah 86.48 % siswa yang tuntas 32 orang sedangkan yang tidak tuntas 5 orang, persentasi LKS 100% dari hasil tersebut diperoleh prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan teori belajar bruner dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Kawo tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teori Belajar Bruner, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 00:51
Last Modified: 26 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11963

Actions (login required)

View Item View Item