PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 03 KOPANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NURZAMAN, BAIQ IIN INSHA (2014) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 03 KOPANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN O3 Kopang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Kopang pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Media Permainan Ular Tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan dengan cara memberikan evaluasi individu pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas siswa dan guru diambil menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar mengalami peningkatan setiap siklusnya. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 41 yang berkategori kurang aktif. Pada siklus II diperoleh skor 56 yang berkategori aktif. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 11 berkategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 14 berkategori baik sekali. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67 dengan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 76% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 77 dengan persentase ketuntasan klasikal 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Media Permainan Ular Tangga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 03 Kopang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Permainan Ular, aktivitas dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 00:51
Last Modified: 06 Feb 2019 05:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item View Item