PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 PENJANGKA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Herwina, Deni (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 PENJANGKA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
3 BAB I sd Daftar pustaka.docx
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi guru kelas III SDN 2 Penjangka adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam kerja kelompok. Hal ini disebabkan karena guru menggunakan metode satu arah yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi hal ini guru berupaya mengoptimalkan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III SDN 2 Penjangka dengan menggunakan rancanggan penelitian PTK yang di lakukan secara siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Penjangka yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan12 siswa laki-laki. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Instrumen yang di gunakan antara lain: (1) lembar observasi guru,(2) lembar observasi siswa dan (3) tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan baik dari segi aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I skor rata-rata kegiatan guru sebesar 2,52 sedangkan skor rata-rata kegiatan siswa sebesar 2,16 dan nilai rata-rata ketuntasan belajar adalah 72%. Pada siklus II skor rata-rata kegiaran guru sebesar 2,76 sedangkan skor rata-rata kegiatan siswa sebesar 2,73 dan nilai rata-rata ketuntasan belajar adalah 92%. Nilai tersebut dikatagorikan sangat baik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 2 Penjangka Lombok Tengah tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Tipe STAD dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 01:00
Last Modified: 26 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11969

Actions (login required)

View Item View Item