PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 BATU KUMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

MU’IZAH, HARTINI (2014) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 BATU KUMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 3 Batu Kumbung yang masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Batu Kumbung dengan menggunakan multimedia pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran siswa.Multimedia pembelajaran ini adalah media yang merupakan kombinasi antara grafik, teks, suara, video, dan animasi yang secara bersama-sama menampilkan suatu informasi, pesan serta materi pelajaran sehingga mempermudah guru dalam menyampaikan informasi tersebut kepada siswa.Multimedia pembelajaran dalam penelitian ini dikemas dalam bentuk slide-slide dan video-video yang ditampilkan menggunakan LCD/OHP.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung dua siklus dan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 66,67% dengan jumlah anak yang mencapai KKM sebanyak 16 anak meningkat menjadi 87,50% dengan jumlah anak yang mencapai KKM sebanyak 21 anak. Berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, sehingga hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Multimedia Pembelajaran yang dimulai dengan tutorial, drill dan practice, simulasi, eksperimen dan permainan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Batu Kumbung tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Multimedia Pembelajaran, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 01:00
Last Modified: 26 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11970

Actions (login required)

View Item View Item