ANALISIS ASPEK EDUKATIF PADA NOVEL JALAN RAYA POS JALAN DAENDLES KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Zulpiana, Zulpiana (2018) ANALISIS ASPEK EDUKATIF PADA NOVEL JALAN RAYA POS JALAN DAENDLES KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji aspek-aspek edukatif yang terdapat pada novel Jalan Raya Pos Jalan Daendles Karya Pramoedya Ananta Toer dan hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan metode kualitatif naratif. Hasil penelitian ini adalah (1) Aspek edukasi intelektual. Dalam setiap kesempatan tokoh Aku atau Pram selalu memanfaatkan waktunya untuk membaca buku, dengan membaca buku banyak perubahan yang dialami, dari apa yang belum ia ketahui menjadi tahu, wawasan dan pengalaman semakin terbuka dan luas”. (2) Aspek edukasi emosional. Tokoh Aku tidak jadi melanjutkan perjalanan dan memilih membantu seseoarang yang ia temukan terkapar di pinggir jalan, kepekaan jiwa tokoh Aku tersentuh, edukasi emosional tumbuh, memilih membantu seseorang yang tidak dikenal dari pada melanjutkan perjalanan, sehingga terbentuklah budi luhur yang baik”. (3) Aspek edukasi sosial. Tokoh Aku diberikan pendidikan mandiri dan berwiraswasta oleh seseorang yang ia temukan di salah satu tempat ia singgah. “Bantuan pendidikan dan berwiraswasta yang tokoh Aku dapatkan telah banyak menunjukkan perubahan pada dirinya. Pengetahuannya semakin bertambah tentang pendidikan dan jiwa wirausaha. (4) Aspek edukasi spiritual. Tokoh Aku menghimbau kepada masyarakat bagaimana kewajiban sesama muslim mengurus mayat-mayat sesuai dengan kemuliaannya sebagai mahluk Tuhan”. Himbauan tokoh Pram telah banyak memberikan perubahan sikap dalam kehidupan masyarakat. (5) Aspek edukasi kinestetis. Tokoh Aku membongkari perpustakaan ayahnya untuk dapat membaca buku yang belum dipahami. Banyak pengetahuan yang tokoh Aku dapatkan dari membongkari perupstakaan ayahnya sehingga banyak yang tidak diketahui menjadi sesuatu yang menambah pengetahuan lebih luas bagi dirinya. Hubungan aspek edukatif dalam novel Jalan Raya Pos Jalan Daendles sejalan dengan pembelajaran sastra di SMA dapat menunjang proses pencapaian tujuan pembelajaran. Pesan-pesan atau nilai-nilai yang terkandung di dalam novel tersebut sejalan atau sesuai dengan pembelajaran sastra yang diajarkan yaitu KD 3.9.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aspek Edukatif, Novel, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 03:28
Last Modified: 06 Feb 2019 05:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item