PEMETAAN PERSEBARAN BURUNG CELEPUK RINJANI (Otus Jolandae) DI PULAU LOMBOK DISTRIBUTION MAPPING OF RINJANI SCOPS OWL (Otus jolandae) IN THE LOMBOK ISLAND

Wati, Widia (2018) PEMETAAN PERSEBARAN BURUNG CELEPUK RINJANI (Otus Jolandae) DI PULAU LOMBOK DISTRIBUTION MAPPING OF RINJANI SCOPS OWL (Otus jolandae) IN THE LOMBOK ISLAND. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DRAF JURNAL SKRIPSIKU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)

Abstract

Otus jolandae merupakan burung endemik yang ada di Lombok, akan tetapi sampai saat ini data populasi mengenai persebaran Otus jolandae yang ada di Lombok masih perlu dilengkapi untuk memberikan informasi tentang upaya pelestarian Otus jolandae . Karena itu, diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persebaran burung Otus jolandae di Pulau Lombok. Kegiatan pengumpulan data persebaran Otus jolandae dilakukan melalui studi literatur, wawancara dan observasi lapang. Titik Koordinat perjumpaan Otus jolandae di lapang ditentukan dengan menggunakan GPS, kemudian ditransformasi kedalam bentuk peta maupun gambar menggunakan program ArcView GIS 10.3. Analisis lebih lanjut tentang persebaran dan jumlah individu Otus jolandae yang ditemukan dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkiraan jumlah Otus jolandae yang ditemukan di Pulau Lombok antara 166 – 222 individu. Lokasi ditemukannya Otus jolandae di Pulau Lombok terdapat di 22 titik, yang sebagian besar titik perjumpaannya ditemukan di Kabupaten Lombok Timur dan diikuti oleh Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Utara. Daerah terendah wilayah perjumpaan Otus jolandae terletak pada daerah TWA Kerandangan dengan ketinggian 52 mdpl sedangkan yang paling tinggi terletak pada daerah Timbanuh dengan ketinggian 840 mdpl.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persebaran burung, Otus jolandae, Pulau Lombok.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Jan 2019 06:30
Last Modified: 06 Feb 2019 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item