PENGARUH PENAMBAHAN KARAGENAN DAN GUM ARAB PADA BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK PERMEN JELLY KERSEN (Muntingia calabura L.)

SABANDI, MUHAMAD (2018) PENGARUH PENAMBAHAN KARAGENAN DAN GUM ARAB PADA BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK PERMEN JELLY KERSEN (Muntingia calabura L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD SABANDI (J1A212080)(J1A212080).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan karagenan dan gum arab terbaik dalam pembuatan permen jelly buah kersen (Muntingia calabura L.). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial, terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi karagenan (2,5%, 5%, dan 7,5%) dan konsentrasi gum arab (4,5%, 3%, dan 1,5%). Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman (ANOVA) pada taraf nyata 5% dengan menggunakan software Co-Stat apabila ada beda nyata antara perlakuan maka, dilakukan uji lanjut dengan Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata yang sama. Prameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu kadar air, serat kasar kadar gula reduksi, vitamin C, dan analisis warna serta uji organoleptik meliputi rasa, aroma dan tekstur. Kadar air terbaik pada penambahan konsentrasi karagenan 7,5% dan gum arab 4,5% dengan kadar air 23,6%, kadar serat kasar 3,7%, kadar gula reduksi 7,72% dan kadar vitamin C 27,39 mg/100 g serta penilaian sensoris secara keseluruhan disukai oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gum Arab, Jelly, Kersen, Karagenan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Feb 2019 05:47
Last Modified: 06 Feb 2019 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12006

Actions (login required)

View Item View Item