PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE (SSI) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SISTEM KOLOID PADA SISWA KELAS XI MIA SMAN 6 MATARAM

AINI, KURRATUL (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE (SSI) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SISTEM KOLOID PADA SISWA KELAS XI MIA SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis Socioscientific Issue (SSI) terhadap hasil belajar kimia materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI MIA SMAN 6 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 6 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 157 siswa dan tersebar dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran berbasis Socioscientific Issue (SSI) untuk kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa pada materi pokok sistem koloid dalam ranah kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dalam bentuk tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Nilai rata-rata posttest dan ketuntasan klasikal kelas eksperimen yaitu 76 dan 59 lebih besar dari nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal kelas kontrol yaitu 65 dan 46. Gain uji-t digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kimia siswa, didapatkan thitung (4,17) > ttabel (1,65). Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis Socioscientific Issue (SSI) memberikan pengaruh yang lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI MIA SMAN 6 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode pembelajaran berbasis Socioscientific Issue (SSI), hasil belajar, sistem koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:53
Last Modified: 31 Jan 2019 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item