VARIASI AKSIAL SIFAT FISIKA BAMBU DURI (Bambusa blumeana Schult & Schult.F) YANG BERASAL DARI DESA BANDA KABUPATEN SUMBAWA

Maulana, Maulana (2018) VARIASI AKSIAL SIFAT FISIKA BAMBU DURI (Bambusa blumeana Schult & Schult.F) YANG BERASAL DARI DESA BANDA KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bambu duri merupkan tanaman hasil hutan bukan kayu yang dicirikan dengan duri pada cabang-cabangnya dan membentuk rumpun padat. Bambu duri tersendiri masih belum familiar dimasyarakat terkait pemanfaatannya. Maka perlu dilakukan peneltian terkait sifat fisika bambu duri sumbawa berdasarkan arah aksial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh arah aksial terhadap sifat fisika bambu duri (Bambusa blumeana), untuk mengetahui pengaruh bagian bambu terhadap sifat fisika bambu duri (Bambusa blumeana), dan untuk mengetahui interaksi arah aksial dan bagian bambu terhadap sifat fisika bambu duri (Bambusa blumeana). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dibuat dengan dua rancangan yakni, Rancangan Acak Lengkap Faktorial dan Rancangan Acak Lengkap non Faktorial. Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan dua faktor, yakni faktor pertama arah aksial terdiri dari 3 taraf Pangkal (P), Tengah (T), dan Ujung (U) dan faktor kedua bagian bambu terdiri dari 2 taraf yaitu, Ruas (a) dan Buku (b) sedangkan Rancangan Acak Lengkap non faktorial, yaitu dengan faktor arah aksial terdiri dari 3 taraf yaitu, Pangkal (P), Tengah (T), dan Ujung (U). Hasil penelitian menunjukkan arah aksial tidak berpengaruh nyata terhadap parameter kadar air segar, kadar air kering udara, berat jenis, dan penyusustan. Bagian bambu berpengaruh nyata pada parameter kadar air kering udara yakni pada bagian buku dengan nilai 10,694 % dan pada bagian ruas memiliki nilai sebesar 10,367 %, akan tetapi tidak berpengaruh nyata pada parameter kadar air segar dan berat jenis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sifat Fisika, Bambu Duri, Arah Aksial
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:16
Last Modified: 04 Feb 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12062

Actions (login required)

View Item View Item