PERTUMBUHAN DAN HASIL WORTEL (Daucus carota L.) DI DATARAN MEDIUM PADA BERBAGAI TINGGI BEDENGAN DAN CAMPURAN ARANG SEKAM

nam, Misbahul (2018) PERTUMBUHAN DAN HASIL WORTEL (Daucus carota L.) DI DATARAN MEDIUM PADA BERBAGAI TINGGI BEDENGAN DAN CAMPURAN ARANG SEKAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wortel merupakan salah satu sayuran umbi semusim dan tergolong sayuran sumber serat makanan yang tinggi,karena kandungan Beta-karoten yang tinggi. Produktivitas wortel pada tahun 2016 yakni 16,90 ton/ha, menurun dibandingkan produktivitas pada tahun 2015 yakni 17,26 ton/ha. Pada umumnya wortel ditanam di dataran tinggi, namun persaingan lahan pada dataran tinggi menjadikan tanaman wortel perlu lahan yang lebih luas lagi untuk meningkatkan produktivitasnya, sehingga penelitian ini dilakukan pada dataran medium. Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas wortel diterapkan perlakuan tinggi bedengan dan campuran arang sekam, agar mampu memperbaiki kondisi kesuburan dan teknik budidaya. Perlakuan tinggi bedengan berfungsi sebagai ruang tumbuh optimal bagi tanaman wortel dan arang sekam berfungsi sebagai pembenah tanah (Soil Amandement). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan tinggi bedengan dan pemberian arang sekam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman wortel. Penelitian ini dilaksanakan di lahan dataran medium Beriri Jarak Kecamatan Wanasaba dengan ketinggian 480 meter di atas permukaan laut, dimulai pada bulan Juni sampai September 2018. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok yang disusun secara faktorial dengan tiga ulangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian,wortel, sekam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Feb 2019 05:42
Last Modified: 06 Feb 2019 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12066

Actions (login required)

View Item View Item