KONTRIBUSI EKONOMI IBU RUMAHTANGGA PETANI – NELAYAN TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KAWASAN TELUK SALEH KECAMATAN TARANO KABUPATEN SUMBAWA

OKTAVIANI, RATNA (2018) KONTRIBUSI EKONOMI IBU RUMAHTANGGA PETANI – NELAYAN TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KAWASAN TELUK SALEH KECAMATAN TARANO KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RATNA OKTAVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Teluk Saleh merupakan sentra produksi dari kegiatan perikanan masyarakat disekitarnya. Akibat dari adanya perubahan musim angin yang berhembus di Kawasan Teluk Saleh mendorong pola adaptasi nelayan kearah pertanian dan optimalisasi tenaga kerja rumahtangga khususnya ibu rumahtangga untuk melakukan kegiatan ekonomi produktif untuk menambah pendapatan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) jumlah pendapatan rumah tangga petani-nelayan dikawasan Teluk Saleh Kecamatan Tarano; (2) kontribusi pendapatan ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga petani- nelayan dikawasan Teluk Sawah Kecamatan Tarano; (3) jumlah curahan waktu kerja ibu rumah tangga petani-nelayan yang digunakan dalam kegiatan ekonomi produktif; (4) hambatan yang dihadapi ibu rumah tangga dalam menjalankan usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis rumah tangga petani-nelayan di kawasan Teluk Saleh Kecamatan Tarano. Daerah penelitian ditentukan dengan purposive sampling, yaitu : Desa Labuhan Haji dan Desa Labuhan Jambu. Penentuan responden menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 responden, yaitu : 15 responden di Desa Labuhan Aji dan 15 responden di Desa Labuhan Jambu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) rata-rata pendapatan keluarga pertahun sebesar Rp 53.140.136,04 dengan rata-rata pendapatan suami sebesar Rp 34.667.184,09 Pertahun, pendapatan istri sebesar Rp 13.744.285,28 pertahun dan pendapatan anak Rp 4.728.666,67 pertahun; (2) kontribusi pendapatan ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga sebesar 25,86%; (3) rata-rata curahan waktu ibu rumah tangga yang melakukan ekonomi produktif sebesar 7,22 jam/hari diluar kegiatan domestik dan sosial; (4) Hambatan yang dihadapi ibu rumah tangga dalam menjalankan usahanya adalah terbatasnya modal untuk pelaksanaan usaha, kesulitan menyeimbangkan peran ganda (domestik dan produktif),dan rendahnya pengetahuan/keteranpilan untuk kegiatan pengolahan ikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, petani, nelayan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:23
Last Modified: 11 Feb 2019 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12102

Actions (login required)

View Item View Item