ANALISA PENGARUH FRAKSI VOLUME SERAT AKAR PANDAN LAUT PADA SKINS KOMPOSIT SANDWICH DENGAN CORE POLYURETHANE TERHADAP KEKUATAN BENDING DAN TEKAN TEPI

Assegaf, Musa Umar (2018) ANALISA PENGARUH FRAKSI VOLUME SERAT AKAR PANDAN LAUT PADA SKINS KOMPOSIT SANDWICH DENGAN CORE POLYURETHANE TERHADAP KEKUATAN BENDING DAN TEKAN TEPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUSA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Manusia sejak dari dulu telah berusaha untuk menciptakan berbagai produk yang terdiri dari gabungan lebih dari satu bahan untuk menghasilkan suatu bahan yang lebih kuat. Pelestarian lingkungan harus segera dilaksanakan demi lestarinya lingkungan tanpa mengabaikan pencarian solusi untuk memenuhi kebutuhan manusia akan material pengganti logam. Salah satunya adalah pemanfaatan serat alam seperti pandan laut. Pandan laut merupakan alternatif yang menarik karena Pandan laut merupakan anggota Pandanaceae yang paling luas penyebarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi fraksi volume serat akar pandan laut pada skins terhadap kekuatan bending dan tekan tepi komposit sandwich dengan inti core polyurethane yang bermatrik resin polyester. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Dalam pembuatan spesimen untuk pengujian bending dan tekan tepi, rancangan eksperimen yang digunakan adalah rancangan factorial (variasi untuk fraksi volume serat yaitu empat dengan masing-masing tiga kali pengulangan). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis variansi satu arah. Pada pengujian bending nilai kekuatan bending komposit serat akar pandan laut tertinggi terdapat pada fraksi volume serat 25% yaitu 8,28 Mpa dan nilai terendah pada fraksi volume serat 10% yaitu 5,92 Mpa. Sama halnya dengan pengujian bending, pada pengujian tekan tepipun nilai kekuatan tekan tertinggi terdapat pada fraksi volume serat 25% yaitu sebesar 16,59 Mpa dan nilai terendah pada fraksi volume serat 10% yaitu sebesar 9,36 Mpa .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kekuatan Bending, Kekuatan tekan tepi, Komposit Sandwich, Pandan laut.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:23
Last Modified: 11 Feb 2019 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12103

Actions (login required)

View Item View Item