PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NISA, KHARISMA SAULATAN (2018) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan the posttest only design with nonequivalent groups. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi. Kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan memperoleh pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan kelas VIII A sebagai kelompok control memperoleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes uraian. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk melihat adanya pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi. Berdasarkan hasil analisis data hasil posttest menunjukkan rata- rata kelas eksperimen sebesar 63,69 dan kelas kontrol sebesar 52,29 ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) lebih baik dibandingkan pembelajaran berpusat pada guru terhadap prestasi belajar siswa. Analisis data dengan uji-t pada taraf signifikan 5% thitung (4,35) ≥ ttabel (1,6734). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendekatan contextual teaching and learning (CTL), prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:23
Last Modified: 11 Feb 2019 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12108

Actions (login required)

View Item View Item