MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS, DAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS IX-E SMP NEGERI 6 MATARAM MELALUI PENERAPAN KOMBINASI STRATEGI VCT KARTU KEYAKINAN DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKn

NURIANTI, NURIANTI (2018) MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS, DAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS IX-E SMP NEGERI 6 MATARAM MELALUI PENERAPAN KOMBINASI STRATEGI VCT KARTU KEYAKINAN DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap nasionalisme siswa kelas IX-E SMP Negeri 6 Mataram melalui Penerapan kombinasi Strategi VCT Kartu Keyakinan dan Model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah deskriptor kombinasi Strategi VCT Kartu Keyakinan dan Model Problem Based Learning sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 27 deskriptor. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan menganalisis sebanyak 22 orang (73%), keterampilan menyaji hasil sebanyak 3 kelompok (60%), dan sikap nasionalisme siswa sebanyak 22 orang (73%). Sedangkan pada siklus II, deskriptor variable tindakan yang muncul sebanyak 35. Seiring dengan meningkatnya variable tindakan, variable harapan meningkat pula. Kemampuan menganalisis menjadi 27 siswa (90%), keterampilan menyaji hasil analisis menjadi 5 kelompok (100%), dan sikap nasionalisme menjadi 27 siswa (90%). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan kombinasi Strategi VCT Kartu Keyakinan dan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap nasionalisme siswa kelas IX-E SMP Negeri 6 Mataram dalam pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menganalisis, Menyaji hasil analisis, Sikap Nasionalisme, PBL, VCT Kartu Keyakinan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:22
Last Modified: 11 Feb 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12118

Actions (login required)

View Item View Item