PEMANFAATAN RESIDU EKSTRAKSI DAUN KUMBI (Voacanga foetida (Bl.) Rolfe) SEBAGAI SORBEN CEMARAN HSD (HIGH SPEED DIESEL) DI PERAIRAN

SATWIKA, I GUSTI NYOMAN HARI (2018) PEMANFAATAN RESIDU EKSTRAKSI DAUN KUMBI (Voacanga foetida (Bl.) Rolfe) SEBAGAI SORBEN CEMARAN HSD (HIGH SPEED DIESEL) DI PERAIRAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pemanfaatan residu ekstraksi daun kumbi sebagai sorben cemaran HSD (High Speed Diesel) di perairan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kadar selulosa yang terdapat dalam daun kumbi, mempelajari pengaruh waktu kontak dan massa sorben dalam proses adsorpsi cemaran HSD, mempelajari pengaruh delignifikasi terhadap daya jerap dan efisiensi dari sorben serta mempelajari gugus fungsi pada selulosa yang berperan pada proses adsorpsi berdasarkan spektrum FTIR. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa limbah atau residu ekstraksi daun kumbi memiliki potensi untuk dapat dimanfaatkan sebagai sorben. Kadar selulosa pada daun kumbi diperoleh melalui proses delignifikasi dengan NaOH 3% sebesar 49,26% dari berat keringnya. Waktu optimum untuk sorben terdelignifikasi adalah 30 menit, pada sorben tidak terdelignifikasi adalah 60 menit. Semakin banyak massa sorben yang digunakan semakin banyak jumlah minyak yang terserap (mengikuti pola linear) dengan rasio jumlah minyak terserap dengan jumlah sorben yang digunakan untuk sorben terdelignifikasi yaitu 1 : 1,25 sementara untuk sorben tidak terdelignifikasi 1 : 3,3. Proses delignifikasi menggunakan NaOH 3% mampu meningkatkan daya jerap dan efisiensi dari 0,302 g/g dan 23,22% menjadi 0,715 g/g dan 41,69% pada sorben terdelignifikasi. Gugus fungsi pada selulosa daun kumbi yang berperan dalam proses adsorpsi adalah gugus hidroksil (-OH).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cemaran HSD, daun kumbi, sorben, selulosa
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:44
Last Modified: 13 Feb 2019 06:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12137

Actions (login required)

View Item View Item