PERILAKU MAKAN DAN JENIS PAKAN LUTUNG(Trachypithecus auratus)DI ODTWA AIR TERJUN JERUK MANIS RESORT KEMBANG KUNING TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

WIDIASTUTI, RAHAYU (2018) PERILAKU MAKAN DAN JENIS PAKAN LUTUNG(Trachypithecus auratus)DI ODTWA AIR TERJUN JERUK MANIS RESORT KEMBANG KUNING TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

Lutung (Trachhypithecus auratus) merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi di Indonesia, hal ini sesuai dengan SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 733/kpts-II/1999.Salah satu fungsi lutung adalah sebagai bioindikator hutan.Salah satu aspek ekologi Lutung (T.auratus) yang menarik untuk dipelajari adalah aspek perilaku, khususnya perilaku makan Lutung (T.auratus) biasa dilakukan dengan posisi duduk di atas ranting pohon. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku makan pada Lutung (T.auratus) di sekitar ODTWA air terjun Jeruk Manis Resort Kembang Kuning Taman Nasional Gunung Rinjani dan mengetahui jenis pakan Lutung (T.auratus) di sekitar ODTWA air terjun Jeruk Manis Resort Kembang Kuning Taman Nasional Gunung Rinjani. Metode yang digunakan adalah Ethogram time sampling, Identifikasi jenis pakan yang dikonsumsi dilakukan dengan cara studi literatur, observasi, wawancara, dan identifikasi jenis tumbuhan.Berdasarkan hasil pengamatan, perilaku makan pada Lutung (Trachhypithecus auratus) terbagi menjadi 4 yaitu mengambil (24%), menggigit (19%), mengunyah (37%), dan menelan (20%).Terdapat 9 jenis vegetasi yang menjadi sumber pakan Lutung diantaranya Dadap (Erithrina subumbrams), Bajur (Pterospermum javanicum), Goak (Ficus variegata blume), Ara (Ficus fistulosa), Sonokling (Dalbergia latifolia), Mahoni (Swietenia mahagoni), Nangka (Artocharpus integra) dan Pakis Tiang (Cyathea contaminans).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kehutanan, vegetasi, lutung
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:42
Last Modified: 12 Feb 2019 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12150

Actions (login required)

View Item View Item