POSISI PEREMPUAN DALAM TAKHAYUL SASAK DESA PENGENJEK KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH KAJIAN MITOLOGI SERTA KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Suyanto, Dedy Hari (2018) POSISI PEREMPUAN DALAM TAKHAYUL SASAK DESA PENGENJEK KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH KAJIAN MITOLOGI SERTA KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, antara lain; 1) keprihatinan terhadap banyaknya anggapan umum yang menyatakan bahwa takhayul hanyalah bualan belaka. Padahal, takhayul merupakan alat yang dapat digunakan untuk melegitimasi kelas sosial atau mendeskriminasi kelompok tertentu; 2) minimnya minat para akademisi untuk mengkaji takhayul, dan 3) penelitian ini sangat menarik bila dijadikan sebagai bahan ajar pada materi pembelajaran makna kata dan relasi makna kata pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Peminatan) Kelas X semester I dan II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang fokus kajiannya adalah posisi perempuan dalam takhayul Sasak Desa Pengenjek dan keterkaitannya dengan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi atau studi lapangan, dan metode dokumenter. Kemudian teori yang digunakan untuk menganalisis data-data tersebut adalah teori Mitologi Roland Barthes, dengan tahapan penelitian sebagai berikut; 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data. Ada pun hasil dari penelitian ini adalah; 1) ditemukannya dua kelompok takhayul Sasak Desa Pengenjek yang membahas tentang posisi perempuan, 2) ditemukannya posisi perempuan dalam takhayul Sasak Desa Pengenjek, dan 3) kaitan penelitian dengan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Posisi Perempuan, Takhayul Sasak Desa Pengenjek, dan Teori Mitologi Roland Barthes.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:42
Last Modified: 12 Feb 2019 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12152

Actions (login required)

View Item View Item