KONTRIBUSI PENDAPATAN IBU RUMAHTANGGA TERHADAP EKONOMI KELUARGA PETANI SEKITAR KAWASAN HUTAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI (TNGR) DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

PUJIASTUTI, DWI INDAH (2018) KONTRIBUSI PENDAPATAN IBU RUMAHTANGGA TERHADAP EKONOMI KELUARGA PETANI SEKITAR KAWASAN HUTAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI (TNGR) DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIFSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah dan beragam. Hutan di Indonesia merupakan harta kekayaan yang tidak ternilai, maka dari itu hak-hak negara atas hutan dan hasilnya perlu dijaga, dipertahankan, dan dilindungi agar hutan dapat berfungsi dengan baik. Data Statistik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menunjukkan luas kawasan hutan di Indonesia tahun 2015 mencapai 120.773.441,71 ha. Kegiatan pengelolaan sumberdaya hutan tidak dapat dilepaskan dari kondisi sosial ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di desa sekitar kawasan hutan. Dalam mengembangkan ekonomi masyarakat, peran serta wanita cukup besar terutama dalam membantu kegiatan rumahtangga. Partisipasi wanita saat ini bukan sekedar menuntut persamaan hak tetapi juga menyatakan fungsinya sebagai istri dan ibu mempunyai arti bagi pembangunan dalam masyarakat Indonesia. Demikian juga halnya dengan wanita yang ada di sekitar kawasan hutan, dimana mereka juga ikut bekerja untuk membantu mencari nafkah tambahan bagi keluarga. Salah satu kawasan hutan di Provinsi NTB yang memiliki peranan penting dalam menunjang kehidupan masyarakat khususnya di Pulau Lombok adalah kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu kabupaten yang berada di kawasan Utara TNGR dengan luas kawasan hutan ±10.210 ha. Jumlah penduduk yang berada di sekitar kawasan TNGR di KLU mencapai 105.486 jiwa yang tersebar di 15 desa. Jumlah wanita yang tinggal di desa sekitar kawasan hutan di KLU mencapai 53.713 jiwa. Umumnya wanita yang tinggal di desa sekitar kawasan hutan di KLU sebagian besar bekerja sebagai wanita tani. Selain menjadi wanita tani, tidak sedikit pula wanita yang mencari nafkah di subsektor off farm dan non farm. Salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang memiliki peran wanita yang cukup besar yaitu Kecamatan Bayan. Peran wanita sangat besar dalam masyarakat di pedesaan di Kecamatan Bayan KLU, terutama dalam membantu proses pertanian, berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Selain itu, peran ibu rumahtangga untuk ikut bekerja mencari nafkah tambahan dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Besar kecilnya pendapatan yang diterima ibu rumahtangga pada akhirnya berpengaruh terhadap pendapatan total rumahtangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, petani, hutan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:42
Last Modified: 12 Feb 2019 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item View Item