POPULASI DAN KARAKTERISTIK POHON BERTENGGER CELEPUK RINJANI (Otus jolandae) DI BEBERAPA JALUR DALAM BLOK PEMANFAATAN TAMAN WISATA ALAM KERANDANGAN

Rahmatullah, Arya (2018) POPULASI DAN KARAKTERISTIK POHON BERTENGGER CELEPUK RINJANI (Otus jolandae) DI BEBERAPA JALUR DALAM BLOK PEMANFAATAN TAMAN WISATA ALAM KERANDANGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Arya Rahmatullah (SKripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi dan karakteristik pohon bertengger celepuk rinjani (Otus jolandae) di beberapa jalur dalam blok pemanfaatan kawasan Taman Wisata Alam Kerandangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan Desember 2018. Metode yang digunakan dalam pengukuran populasi line transek dengan panjang transek 1000 m dan lebar 50 m. Pengambilan data menggunakan observasi lapang, studi literatur, dan wawancara dengan informan kunci. Parameter yang dikumpulkan di lapangan meliputi jumlah individu celepuk rinjani (Otus jolandae), parameter pohon, parameter fisik lingkungan, dan vegetasi sekitar. Pengukuran veetasi sekitar menggunakan metode garis berpetak ukuran 20 m x 20 m untuk analisis vegetasi tingakt pohon dan 10 m x 10 m untuk analisis vegetasi tingkat tiang. Observasi lapang menunjukkan terdapat 12 individu celepuk rinjani (Otus jolandae) yang ditemukan di dalam 4 jalur pengamatan. Jenis pohon bertengger celepuk rinjani (Otus jolandae) adalah sonokeling (Dalbergia latifolia), pulai (Alstonia scholaris), ketai (Dysoxylum gaudichaudianum), dan asam (Tamarindus indica). Tinggi pohon bertengger celepuk rinjani (Otus jolandae) berkisar antar 4 m sampai dengan 11 m dengan diameter 20 – 60 cm. Indeks Nilai Penting (INP) keempat pohon bertengger berturut-turut adalah 57,66 %, 28,26 %, 15,29 %, dan 11,16 %. Bagian pohon yang sering digunakan untuk bertengger adalah bagian dahan dengan rata-rata suhu 30,04 %, kelembaban 64,63, dan intensitas cahaya rata-rata 59379,85 lux.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kehutanan, taman wisata, alam
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:40
Last Modified: 13 Feb 2019 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item