Respon Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Genotipe Jagung terhadap Pemberian Berbagai Dosis Teh Kompos yang Difermentasi dengan Jamur Trichoderma spp.

Sudantha, I Made and Suwardji, Suwardji and Fauzi, Muhamad Taufik and Sukartono, Sukartono (2019) Respon Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Genotipe Jagung terhadap Pemberian Berbagai Dosis Teh Kompos yang Difermentasi dengan Jamur Trichoderma spp. In: SEMINAR NASIONAL SAINTEK 2018, 27 OKTOBER 2018, MATARAM.

[img] Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINTEK 2018-jagung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB) | Request a copy
Official URL: http://lppm.unram.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui respon pertumbuhan dan hasil beberapa genotipe jagung terhadap pemberian berbagai dosis teh kompos yang difermentasi dengan jamur Trichoderma spp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dengan dua faktor. Sebagai petak utama adalah genotipe jagung yang terdiri atas tiga aras, yaitu: populasi C2, varietas Bisi-2 , dan varietas Srikandi Kuning. Sebagai anak petak adalah dosis teh kompos yang terdiri atas lima aras, yaitu: 0, 5, 10, 15 dan 20 l/ha. Perlakuan merupakan kombinasi antara genotipe jagung dan dosis teh kompos yang diulang tiga kali, sehingga terdapat 45 unit percobaan. Variabel yang diamati meliputi pertumbuhan tanaman seperti jumlah daun dan tinggi tanaman. Variabel komponen hasil yang meliputi panjang tongkol, diameter tongkol, bobot tongkol kering panen dan bobot biji kering pipilan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan Analisis Keragaman dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan hasil jagung tertinggi diperlihatkan pada tanamanan jagung genotype C2 dan varietas Srikandi Kuning dibandingkan dengan varietas Bisi-2. Respon pertumbuhan dan hasil tanaman jagung sangat baik pada perlakuan teh kompos mulai dosis 10, 15 dan 20 l/ha yang diperlihatkan dari tinggi tanaman dan diameter jagung, serta panjang tongkol, diameter tongkol, bobot tongkol kering panen dan bobot biji kering pipilan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Keywords (Kata Kunci): genotipe, jagung, teh kompos, jamur Trichoderma spp., varietas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Prof.Dr. Ir. I Made Sudantha Sudantha
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:20
Last Modified: 13 Feb 2019 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

View Item View Item