KARAKTERISTIK POHON TIDUR DAN POHON PAKAN LUTUNG (Trachypithecus auratus) DI SEPANJANG JALUR AIR TERJUN BATARA LENJANG DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) SENARU

Islam, Lalu Panji (2018) KARAKTERISTIK POHON TIDUR DAN POHON PAKAN LUTUNG (Trachypithecus auratus) DI SEPANJANG JALUR AIR TERJUN BATARA LENJANG DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) SENARU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan flora dan fauna yang tinggi. Di dunia, Indonesia menduduki urutan ke dua untuk kekayaan biodiversiti, Salah satunya adalah primata. Terdapat sekitar lebih dari 40 jenis primata hidup di hutan Indonesia dan 30% di antaranya merupakan primata endemik. Salah satu dari keanekaragaman jenis primata yang ada di Indonesia adalah Lutung. Berdasarkan keputusan Mentri Kehutanan dan Perkebunan nomor :733/Kpts-II/1999 tentang penetapan status dilindungi terhadap kera hitam budeng. Salah satu pertimbangan dalam penetapan status dilindungi ini dikarnakan jenis satwa ini telah mengalami penurunan dan keberadaannya di alam terancam punah. Salah satu penyebab berkurangnya satwa ini di alam adalah karna kerusakan habitat. Salah satu habitat Lutung di pulau lombok adalah di kawasan hutan dengan tujuan khusus (KHDTK) Senaru. Universitas Mataram sebagai pengelola KHDTK Senaru memberikan izin kepada masyarakat untuk menanam tanaman perkebunan. Konversi hutan alam menjadi hutan tanaman menyebabkan rusaknya habitat Lutung di KHDTK Senaru. Salah satu komponen habitat dari Lutung adalah pohon tidur dan pohon pakan. Pohon tidur dan pohon pakan merupakan komponen habitat yang penting bagi Lutung karena pohon tidur dan pohon pakan merupakan tempat Lutung melakukan aktivitas sehari hari. Melihat kondisi keterancaman keberadaan Lutung maka penelitian mengenai karakteristik pohon tidur dan pohon pakan penting untuk dilakukan untuk dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam menentukan kebijakan pengelolaan KHDTK senaru. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik pohon tidur Lutung di KHDTK Senaru, (2) Mengetahui karakteristik pohon pakan Lutung di KHDTK senaru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, kehutanan,air terjun
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:40
Last Modified: 13 Feb 2019 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12166

Actions (login required)

View Item View Item