FURKAN, FURKAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANDISCOVERYTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2018-2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI FURKAN(E1Q 011 014).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttes control. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA.C sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery dan kelas X MIA.D sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda beralasan untuk kemampuan berpikir kritis sebanyak 5 soal yang telah divalidasi dan tes pilihan ganda untuk hasil belajar fisika sebanyak 20 soal yang telah diuji validasi, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal. Data akhir (post-test) diuji normalitas, homogenitas,dan hipotesis dengan uji-t dua sampel. Uji Hipotesis yang digunakan yaitu t-test polled varians. Hasil thitung dikonsultasikan dengan tabel t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (�ℎ����� = 5,81 > ����
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model pembelajaran discovery,kemampuan berpikir kritis, hasil belajar fisika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 06:39 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 06:39 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12169 |
Actions (login required)
View Item |