PENGARUH MODEL PEMBELAJARANDISCOVERYTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2018-2019

FURKAN, FURKAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANDISCOVERYTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2018-2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FURKAN(E1Q 011 014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttes control. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA.C sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery dan kelas X MIA.D sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda beralasan untuk kemampuan berpikir kritis sebanyak 5 soal yang telah divalidasi dan tes pilihan ganda untuk hasil belajar fisika sebanyak 20 soal yang telah diuji validasi, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal. Data akhir (post-test) diuji normalitas, homogenitas,dan hipotesis dengan uji-t dua sampel. Uji Hipotesis yang digunakan yaitu t-test polled varians. Hasil thitung dikonsultasikan dengan tabel t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (�ℎ����� = 5,81 > ����

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran discovery,kemampuan berpikir kritis, hasil belajar fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:39
Last Modified: 13 Feb 2019 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12169

Actions (login required)

View Item View Item