STUDI PELAKSANAAN PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) BERBASIS KOMODITAS CABAI TERINTEGRASI UNGGAS DI KOTA MATARAM

Patrawijaya, Agus (2018) STUDI PELAKSANAAN PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) BERBASIS KOMODITAS CABAI TERINTEGRASI UNGGAS DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. SKRIPSI AGUS PATRAWIJAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketersediaan pangan merupakan masalah yang serius yang sedang dihadapi oleh seluruh wilayah di Indonesia tidak terkecuali di provinsi NTB. Beberapa tahun terakhir persoalan pangan menjadi isu penting di wilayah NTB terutama di Kota Mataram. Fluktuasi harga kebutuhan pangan, peningkatan permintaan kebutuhan pangan, dan semakin sempitnya lahan pertanian berdampak pada timbulnya inflasi di Kota Mataram. Kebutuhan pangan di Kota Mataram setiap tahun terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Pada tahun 2017 Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram melaksanakan program Kawasan Rumah Pangan Lestari Tanam Cabai Terintegrasi Unggas (KRPL Tancab Gas) untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbasis Komoditas Cabai Terintegrasi Unggas. (2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbasis Komoditas Cabai Terintegrasi Unggas. Untuk mencapai tujuan tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penentuan daerah penelitian ditetapkan secara purposive sampling di lima kelurahan di Kota Mataram yang menerima program KRPL Tancab Gas. Penentuan responden dilakukan secara purposive sampling di lima Kelompok Wanita Tani dengan jumlah 30 orang, dimana setiap kelompok dipilih 6 orang yang terdiri dari 3 orang pengurus dan 3 orang anggota. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitiatf yaitu dari data yang didapatkan dianlisis dan digambarkan melalui narasi untuk melihat bagaimana pelaksanaan program KRPL Tancab Gas dan kendala-kendala yang dihadapi oleh anggota kelompok wanita tani dalam pelaksanaan program KRPL Tancab Gas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan progam KRPL Tancab Gas di Kota Mataram memberikan manfaat kepada anggota kelompok wanita tani. Dengan adanya program ini anggota kelompok wanita tani dapat membantu mencukupi kebutuhan sayuran dan cabai untuk pangan keluarga dan hubungan antar anggota kelompok wanita tani menjadi lebih dekat. Kesimpulan dalam penelitian ini : (1) Pelaksanaa Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tancab Gas tahun 2017 di Kota Mataram belum dilaksanakan sepenuhnya, hanya Tanam cabai (Tancab) yang sudah dilaksanakan, sedangkan terintegrasi unggasnya (Gas) dibatalkan oleh pemerintah. (2) Dalam pelaksanaan program anggota Kelompok Wanita Tani mengalami kendala dalam mengatasi hama dan penyakit yang menyerang tanaman mereka seperti hama ulat dan penyakit daun kriting, sehingga menyebabkan beberapa anggota Kelompok Wanita Tani mendapatkan hasil panen yang sedikit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pelaksanaan, KRPL Tancab Gas, Kelompok Wanita Tani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:39
Last Modified: 13 Feb 2019 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12177

Actions (login required)

View Item View Item