PENGARUH PEMBERIAN RAMUAN OBAT TRADISIONAL ANTIKOLESTEROL DARI KALIMANTAN TIMUR TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA TIKUS PUTIH HIPERKOLESTEROLEMIA

Bhyantara, Kadek Mas Teddy Sabdha (2018) PENGARUH PEMBERIAN RAMUAN OBAT TRADISIONAL ANTIKOLESTEROL DARI KALIMANTAN TIMUR TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA TIKUS PUTIH HIPERKOLESTEROLEMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Hiperkolesterolemia merupakan salah satu resiko terjadinya penyakit kardiovaskular yang dapat dimodifikasi. Penatalaksanaan pasien hiperkolesterolemia dilakukan secara non-farmakologis dan farmakologis. Salah satu ramuan tradisional Indonesia yaitu ramuan tradisional dari Kalimantan Timur secara empiris digunakan dalam terapi kolesterol. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ramuan tradisional antikolesterol dari Kalimantan Timur dapat memperbaiki profil lipid. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental dengan desain post test only control group. Penelitian ini menggunakan tikus putih jantan yang dibagi menjadi empat kelompok, dua kelompok kontrol dan dua kelompok perlakukan. Pengambilan darah dilakukan intracardiac. Pengukuran kadar kolesterol total dengan metode CHOD-PAP. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan uji Kruskal-Wallis. Hasil: Nilai rerata kadar kolesterol total tertinggi yaitu, kelompok K2 (50,86 ± 25,41 mg/dl) dan nilai rerata kadar kolesterol total terendah yaitu, kelompok P1 (34,00 ± 6,00 mg/dl). Uji statistik Kruskal-wallis didapatkan perbedaan yang tidak signifikan (p = 0,119). Kesimpulan: Ramuan antikolesterol dari Kalimantan Timur yang terbuat dari rebusan daun sambung nyawa (Gynura procumbens) dan umbi ubi Jalar (Ipomoea batatas) tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol total tikus putih hiperkolesterolemia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hiperkolesterolemia, kolesterol total, ramuan tradisional antikolesterol, Gynura procumbens, Ipomoea batatas.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:18
Last Modified: 19 Feb 2019 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12192

Actions (login required)

View Item View Item