HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN SKOR GENSINI PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) YANG TELAH MENJALANI CORONARY ANGIOGRAPHY DI RSUD KOTA MATARAM

Baihaqi, Luqman (2018) HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN SKOR GENSINI PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) YANG TELAH MENJALANI CORONARY ANGIOGRAPHY DI RSUD KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH (LUQMAN BAIHAQI-H1A015040).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan penyakit dengan angka mortalitas tertinggi di dunia dengan aterosklerosis sebagai penyebab utamanya terjadinya PJK. Salah satu faktor risiko terjadinya aterosklerosis adalah hipertensi. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa terdapat hubungan antara hipertensi dengan keparahan PJK. Walaupun demikian hasil tersebut tidak konsisten. Skor Gensini merupakan suatu metode yang digunakan untuk menilai derajat keparahan PJK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hipertensi dengan skor Gensini pada pasien PJK di RSUD Kota Mataram Metode : Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sebanyak 64 subjek yang terdiagnosis PJK di RSUD Kota Mataram. Variabel utama dalam penelitian ini adalah hipertensi dan skor Gensini. Hubungan hipertensi dengan skor Gensini diuji menggunakan Chi-Square. Hasil : Usia (p = 0,476), riwayat diabetes (p = 0,378), merokok (p = 0,295), tekanan darah sistolik (p = 0,847), hipertensi (p = 0,545) tidak berpengaruh signifikan terhadap skor Gensini. Karakteristik lain seperti jenis kelamin (p=0,004)) memiliki pengaruh signifikan terhadap skor Gensini. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan Hipertensi dengan skor Gensini pada pasien PJK RSUD Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hipertensi, Penyakit Jantung Koroner (PJK), skor Gensini.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:42
Last Modified: 22 Feb 2019 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12229

Actions (login required)

View Item View Item